Selasa, 19 November 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Testimonial - KPM Lina Herlina

Gambar
Saat matahari masih enggan menampakkan cahayanya, suasana ramai sudah terlihat di rumah salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) atas nama ibu Lina Herlina yang beralamat di Dusun Ranca Utama, Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Suasana seperti ini telah menjadi rutinitas bagi beliau. Ciamis, 1 november 2018

Ibu Lina adalah salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Ciamis yang bersedia keluar dari kepesertaan PKH secara Graduasi Mandiri, setelah beliau sukses menjalani usahanya di bidang olah makanan yaitu Galendo.

Galendo adalah makanan khas dari Jawa Barat khususnya di daerah Kabupaten Ciamis. Meskipun keberadaan galendo berada di sejumlah daerah di Priangan Timur tetapi makanan khas ini lebih terkenal di Kabupaten Ciamis.

"Saya keluar dari kepesertaan PKH karena saya merasa sudah mampu dan supaya memberi kesempatan kepada yang lain"
Ibu Lina.


Ibu Lina terlihat sangat antusias ketika kami melakukan home visit ke rumahnya, bahkan kami mendapat kesempatan langsung untuk melihat proses pembuatan galendo. "Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah atas perhatiannya melalui Program Keluarga Harapan, khususnya kepada pendamping yang telah membimbing saya sampai saya menjadi seperti sekarang ini", begitu menurut penuturan ibu Lina.

Sebelum menjadi peserta PKH Ibu Lina termasuk orang yang cukup perihatian, para tetangga di sekitar rumahnya terkadang menyempatkan diri untuk membantu meringankan pekerjaan ibu lina dan keluarganya, begitu menurut penuturan Ibu Ira Nurmaryam selaku pendamping sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di wilayah tersebut.

Kondisi usaha ibu Lina sama seperti pelaku usaha pada umumnya, tetap mengalami pasang surut. Pada awalnya beliau merintis usaha tersebut dengan peralatan yang serba tradisional sampai akhirnya menggunakan mesin dan dibantu dua (2) orang pekerja, sampai saat ini omzet yang di dapat oleh beliau kurang lebih 18 juta Rupiah per bulannya.

Semoga apa yang ibu Lina alami menjadi bahan inspirasi bagi anggota Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) lainnya.

Neni Kurnilah Peksos Supervisor

 

Testimonial Lainnya