Kamis, 20 Juni 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - Rutinitas Baru KPM Panjalu di KUBE PKH

Rutinitas Baru KPM Panjalu di KUBE PKH
Umum Rian Febriansyah, 18 Januari 2019 09:49 Wib 91 Lihat Komentar
Gambar

PPKH CIAMIS - Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis yang memperoleh alokasi KUBE Tahun 2018 sebanyak 10 kelompok dari Kementerian Sosial RI kini sudah mulai menjalankan kegiatan kelompok usahanya, salah satunya adalah KUBE Harapan Kita yang beralamat di Dusun Ciater Desa Panjalu.

KUBE tersebut bergerak di bidang ternak ayam petelur dengan jumlah awal 100 ekor pada satu kandang, rencana pendistribusian hasil telur akan disalurkan di warung KUBE Jasa yang dirintis dari swadaya KPM, sehingga terintegrasi dari kube ayam petelur sebagai KUBE produksi dipasarkan di KUBE Jasa yang berbentuk warung kelontongan swadaya KPM.  

Terdapat keuntungan lain disamping produksi telur tersebut, yaitu kotoran ayam sebagai pupuk yang bisa dijual, disekeliling kandang ayam sebagai pekarangan juga dimanfaatkan untuk bercocok tanam oleh KPM, untuk tanaman sayuran misal sosin, kangkung, dan lain-lain.

Dengan adanya KUBE PKH, kini KPM Panjalu mempunyai rutinitas baru untuk menjalankan kegiatan KUBE nya, mulai dari pemberian pakan pada pagi dan sore hari, membersihkan kandang ayam secara bergiliran,  bercocok tanam dan kegiatan-kegiatan lainnya yang mendukung kegiatan KUBE mereka.   

Dengan adanya pemberdayaan melalui KUBE, mudah-mudahan KPM PKH dapat mewujudkan :
  1. Meningkatan kemampuan berusaha para anggota KUBE secara bersama dalam kelompok
  2. Meningkatan pendapatan
  3. Mengembangakan usaha
  4. Meningkatan kepedulian dan kesetiakawanan sosial diantara para anggota KUBE dan dengan masyarakat sekitar.