Selasa, 22 Oktober 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - Road Show Sosialisasi Strategi dan Pola Pemberdayaan Keluarga Penerima Manfaat

Road Show Sosialisasi Strategi dan Pola Pemberdayaan Keluarga Penerima Manfaat
Sosial Arif Faizal 07 November 2018 20:59 Wib 175 Lihat Komentar
Gambar

Ciamis, 7 November 2018. Perjalanan hari ini ditemani dengan curah hujan yang cukup deras menuju arah kecamatan di ujung Utara Kabupaten Ciamis yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan. Sesampainya di lokasi terlihat para ibu Ketua Kelompok yang berjumlah 72 orang yang sudah berkumpul di aula Kecamatan Panawangan.

Pertemuan kali ini ditujukan untuk Sosialisasi Program Keluarga Harapan berkaitan tentang "Strategi dan Pola Pemberdayaan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH)".

Sesuai dengan sambutan bapak Camat Kecamatan Panawangan yaitu Bapak Ono Rohana,SE, MM, dikatakan bahwa "PKH itu ditujukan untuk rumah tangga miskin guna memberikan pengetahuan dasar dan mengasah keterampilan dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran serta mampu untuk  merencanakan usaha".

Sejalan dengan itu maka  perlu kita pahami bersama bahwa pengetahuan dasar yang didapat para KPM PKH melalui kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) tidak akan serta merta dapat menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi KPM namun akan  dapat membantu mengurangi beban keluarga miskin tentunya dengan cara bertahap.

Menurut penuturan Indra Maulana selaku Koordinator PKH Kabupaten Ciamis Wilayah Barat, "Pendamping sosial PKH tidak hanya cukup berkutat pada pendataan dan pencairan dana bantuan sosial saja melainkan juga harus mampu memberikan  inovasi-inovasi yang bersifat mendukung pemberdayaan KPM dalam rangka menciptakan pribadi KPM yang unggul sehingga diharapkan kedepannya akan menjadi.individu yang mampu mandiri dalam mengakses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial.
Secara lebih lanjut Indra Maulana menjelaskan bahwa tahap pemberdayaan ini diharapkan akan mampu membangun kesadaran diri KPM, perlu adanya pemberian materi yang bisa merangsang dan mendorong kesadaran diri KPM, perlu adanya proses pemberian daya atau kekuatan untuk melakukan usaha sesuai dengan kemampuannya, selain itu juga diarahkan untuk pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUBE), sehingga melalui KUBE ini bisa mengajukan dana stimulan.

Menjelang siang kegiatan sosialisasi selesai, akhirnya kita bergerak ke titik berikutnya yaitu Kecamatan Ciamis, yang dihadiri oleh 92 orang Ketua Kelompok se-Kecamatan Ciamis. Acara dibuka dengan sambutan dari Koordinator Kecamatan Ciamis yaitu ibu Ema Susanna, "Kegiatan pertemuan Ketua Kelompok di tingkat Kecamatan ini adalah ajang silaturahmi dan ajang tukar pikiran tentang segala permasalahan yang dihadapi ibu-ibu Ketua Kelompok di lapangan", begitu menurut penuturannya.

Materi serupa kembali disampaikan oleh Indra Maulana selaku Koordinator Kabupaten PKH Wilayah Barat Kabupaten Ciamis. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa usaha di bidang mikro telah banyak digeluti oleh para KPM sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatannya. Sebagian ada yang berhasil mengembangkan usahanya sehingga bisa membantu menambah penghasilannya, namun di sisi lain  diantara mereka tidak sedikit yang harus menghentikan usahanya di tengah jalan, walau sudah berganti usaha dengan jenis yang lain. Salah satu kendalanya adalah karena terbatasnya pengetahuan untuk merencanakan dan mengelola usahanya. Maka PKH mencoba menjembataninya dengan program P2K2 yang merupakan kegiatan rutin bulanan bagi anggota KPM PKH.

Neni Kurnilah-Peksos Supervisor-Ciamis