Selasa, 22 Oktober 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga Efektif Tingkatkan Komitmen KPM PKH

Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga Efektif Tingkatkan Komitmen KPM PKH
Sosial Arif Faizal 02 November 2018 16:47 Wib 169 Lihat Komentar
Gambar

Ciamis, (18 Oktber 2018) - Kunjungan kerja jajaran pejabat Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat ke Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Ciamis. Dalam sebuah pelaksanaan program diperlukan sinergitas semua stakeholders guna menunjang kesuksesan program. "Tolak ukur keberhasilan pemerintahan tingkat Provinsi tergantung pada sinergitas dengan unsur pemerintahan yang ada di tingkat Kabupaten/Kota, yang tidak hanya terbatas pada sinergitas dalam bentuk administrasi, tapi juga sinergitas dalam bentuk teknis" , demikian menurut Dr.R.Haryadi Wargadibrata Drs.M.Si selaku Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat dalam sambutannya.

Begitu juga dengan peran pendamping sosial Program Keluarga Harapan (PKH) “diperlukan sebuah tanggung jawab dan komitmen yang besar untuk bersinergi dengan para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH agar memiliki kesadaran untuk sukarela keluar dari kepesertaan PKH ketika sudah merasa mampu atau mandiri secara sosial dan ekonomi”. tutur Indra Maulana, S.IP, M.M. selaku Koordinator PKH di wilayah Barat Kabupaten Ciamis. Menurut beliau (Korkab) menyoroti peran pendamping dalam penunaian tugas P2K2 yang menurutnya cukup memberikan dampak yang signifikan untuk verifikasi komitmen KPM “Setelah ada kegiatan P2K2 verifikasi komitmen para KPM terhadap fasilitas kesehatan (Faskes) dan fasilitas pendidikan (Fasdik) mengalami kemajuan” ungkapnya.

Hal ini bisa di lihat dan di bandingkan capaian verifikasi dari dua tahun yang telah berjalan, sebagai bertikut :
 
  • Verifikasi Faskes yang tidak komitmen pada tahun 2016 sebesar 3,76% dan tahun 2017 sebesar 1,36% mengalami penurunan sebesar 2,4%
  • Verifikasi Fasdik yang tidak komitmen tahun 2016 sebesar 2,12% dan tahun 2017 sebesar 1,00%, mengalami penurunan sebesar 1,12%

Sehingga jelas terlihat adanya pengaruh P2K2 dalam peningkatan verifikasi komitmen para KPM PKH dalam bidang faskes dan fasdik. Dalam kunjungan kerja ini juga para jajaran pejabat Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat berkenan langsung menyaksikan pelaksanaan kegiatan P2K2 dan melakukan home visit ke rumah salah satu KPM di Dusun Kulon, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing Ciamis.

Neni Kurnilah Peksos Supervisor