Selasa, 22 Oktober 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - Pendamping Sosial Dukung Anak KPM PKH Meraih Beasiswa Bidikmisi Di Perguruan Tinggi Negeri

Pendamping Sosial Dukung Anak KPM PKH Meraih Beasiswa Bidikmisi Di Perguruan Tinggi Negeri
P2K2 Arif Faizal 10 Januari 2019 21:28 Wib 293 Lihat Komentar
Gambar

PPKH Ciamis - Rezza Fauzi Muhammad Fahmi, M. Hum., Pendamping Sosial PKH Kecamatan Baregbeg melaksanakan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau dalam bahasa Inggrisnya adalah Family Development Session (FDS) di Dusun Sukaharja Desa Petirhilir Kecamatan Baregbeg.
 
"Kegiatan ini penting dan rutin dilakukan setiap bulan bagi pendamping sosial PKH, namun ada yang berbeda dalam P2K2 yang saya lakukan", pungkas Rezza.

Di setiap kegiatan P2K2, Rezza selalu memberikan dukungan supaya anak KPM bisa melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur beasiswa Bidikmisi. Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan award atau support biaya terhadap mereka yang berprestasi, Bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Adapun syarat prestasi pada Bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima Bidikmisi diseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Dengan jalur beasiswa Bidikmisi, mahasiswa digratiskan dari biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) selama 8 semester untuk S1 (Sarjana). Bahkan, diberikan uang saku per tiga bulan dan uang buku tiap semester. Upaya Rezza sebagai pendamping sosial PKH berbuah manis ketika mendapat kabar dari KPM dampingannya bahwa anak KPM PKH Dusun Babakan RT 2 RW 2 Desa Karangampel Kecamatan Baregbeg yang bernama Resi Muqtasidah diterima sebagai mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Agustus 2018 silam melalui jalur beasiswa Bidikmisi. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan bagi saya, kata Rezza. Semoga hal ini menjadi stimulus bagi anak KPM maupun Pendamping Sosial di seluruh negeri ini.
 
Bagi anak KPM PKH, beasiswa Bidikmisi adalah peluang besar untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri. Hal ini penting dan perlu dukungan dari para pendamping PKH terhadap KPM (lihat https://www.kemsos.go.id/artikel/pkh-mengantarkan-anak-saya-meraih-beasiswa-bidik-misi-dan-prestasi-olimpiade).