Selasa, 22 Oktober 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - Pemberdayaan KPM PKH Melalui Kegiatan Pertanian Budidaya Tanaman

Pemberdayaan KPM PKH Melalui Kegiatan Pertanian Budidaya Tanaman
Umum Rian Febriansyah, 28 Januari 2019 09:51 Wib 191 Lihat Komentar
Gambar

PPKH CIAMIS - Pendamping PKH Kecamatan Sindangkasih, Hera Hernita, S.P. berupaya memandirikan KPM Desa Gunungcupu dengan memberdayakan KPM melalui kegiatan pertanian budidaya tanaman hortikultura/sayuran yang bertempat di Dusun Desa Kidul. (Senin, 21/01/2019)

Ada tiga jenis tanaman yang akan ditanam, yaitu bayam, kangkung dan cabai. Ketiga tanaman tersebut dipilih karena mempunyai waktu tanam sebentar, sehingga penghasilan yang didapat akan lebih cepat.
"Penanaman bayam dan kangkung akan ditanam di lahan pekarangan, sementara cabai ditanam di polibag, karena nilai ekonomisnya tinggi. Selain upaya dalam pemberdayaan KPM, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai pengaplikasian dari modul Ekonomi P2K2 pada Sesi Memulai Usaha. Harapannya, KPM bisa berdaya baik secara pengetahuan maupun secara ekonomi, sehingga ekonominya meningkat." Ujar Hera Hernita, S.P.
Kegiatan pemberdayaan tersebut disambut baik oleh semua pihak, termasuk aparat Desa setempat yang menyediakan lahan penanaman, juga Balai Penyuluh Pertanian.

Selain itu, supervisor PKH Kabupaten Ciamis, Iis Faridah Adilah, S.ST mengapresiasi kegiatan tersebut, terlebih kegiatan ini berkaitan dengan modul Ekonomi dalam P2K2.
"Saya merasa senang ketika Pendamping dapat membuat kegiatan yang produktif untuk KPMnya. Mudah-mudahan dari kegiatan pemberdayaan tersebut penghasilan KPM dapat meningkat sekaligus untuk mencukupi kebutuhan sayuran bagi keluarganya." Ujar Supervisor, Iis Farida, S.ST.