Kamis, 20 Juni 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - Panen Perdana KUBE Swadaya di Desa Panaragan Kecamatan Cikoneng

Panen Perdana KUBE Swadaya di Desa Panaragan Kecamatan Cikoneng
Umum Rian Febriansyah, 25 Januari 2019 09:02 Wib 143 Lihat Komentar
Gambar

PPKH CIAMIS - Kelompok Usaha Bersama (KUBE) PKH Maju Bersama Desa Panaragan Kecamatan Cikoneng yang merupakan KUBE swadaya melakukan panen perdana terong ungu pada Selasa (22/1/2019), yang tentunya hal ini disambut gembira oleh anggota kelompok KUBE yang beranggotakan 10 orang tersebut.

KUBE PKH mandiri ini terbentuk pada bulan September 2018 lalu dengan modal iuran dan kebersamaan ibu-ibu dalam melaksanakan gotong-royong dalam mengolah tanah dan mencari bibit unggul yang bisa ditanam di lahan yang sudah mereka gemburkan. Selain terong ungu, di beberapa lahan yang lain terdapat kebun mentimun dan tomat sayur yang sebentar lagi bisa di panen.
Esur Suryati (40) salah satu anggota KUBE menuturkan, keuntungan yang diperoleh dari KUBE PKH akan saya tabung untuk persiapan keperluan pendidikan Dudin (putranya) masuk ke perguruan tinggi. Saya berharap Dudin bisa sukses sehingga bisa lebih maju dari saya selaku orang tuannya, saya tidak ingin anak cucu saya terus tergantung pada bantuan pemerintah.”
Dalam kesempatan yang berbahagia itu juga Nenden, selaku Pendamping PKH menambahkan, melalui KUBE PKH mandiri ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan berfikir para anggota karena mereka dituntut untuk bisa memiliki kemampuan manajerial dalam mengelola usaha yang dijalankan dan berupaya menggali dan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia di lingkungan untuk keberhasilan kelompok.

Selain itu tujuan dibentuknya KUBE PKH mandiri ini juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan sikap berorganisasi dan pengendalian emosi yang semakin baik serta dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, kegotongroyongan serta rasa kesetiakawanan dan kepedulian baik antar anggota, keluarga maupun masyarakat yang luas.

Kehadiran KUBE PKH di Desa Panaragan sendiri merupakan media untuk meningkatkan motivasi warga, bukan hanya KPM PKH saja tapi warga sekitar agar bisa lebih maju secara ekonomi dan sosial.