Kamis, 20 Juni 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - P2K2 Di Situs Gunung Susuru Ciamis

P2K2 Di Situs Gunung Susuru Ciamis
P2K2 Neni Kurnilah, 24 Januari 2019 08:26 Wib 96 Lihat Komentar
Gambar

PPKH Ciamis - Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) bagi anggota Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan kewajiban rutin yang dilakukan setiap bulannya. P2K2 di Desa Kertabumi dilakukan di alam terbuka tepatnya di Situs Gunung Susuru, yang terletak di Kampung Bunder Desa Kertabumi, Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Rabu (23/01/2019).
 
"Gunung Susuru merupakan tempat petilasan para raja dari kerajaan Galuh Kertabumi", demikian menurut penuturan Engkus Kuswana selaku Kepala Desa Kertabumi.

Kegiatan P2K2 ini dipimpin langsung oleh Neneng Yuniar selaku Koordinator Kecamatan Cijeungjing, juga dihadiri oleh aparat pemerintahan Desa setempat, Bumdes, Pekerja Sosial Supervisor, dan Pendamping Sosial di wilayah Kecamatan Cijeungjing.
 
Pertemuan rutin bulanan yang biasa dilakukan di Balai Desa atau di rumah KPM ini sengaja diagendakan di alam terbuka dengan harapan penyampaian materinya tidak monoton sehingga tidak menimbulkan kejenuhan”, begitu menurut penuturan Laelasari selaku pendamping Sosial di Desa Kertabumi, yang mulai beraktifitas kembali  walaupun belum habis masa cuti melahirkannya.

Pelaksanan P2K2 di alam terbuka diharapkan dapat memberikan suasana baru sehingga  materi yang disampaikan bisa lebih dimengerti oleh KPM dan diharapkan akan menjadi proses belajar yang terstruktur ke arah perubahan perilaku KPM.
 
Secara lebih lanjut Engkus Kuswana dalam sambutannya mengatakan bahwa, ”Saya sangat mengapresiasi kegiatan pertemuan rutin PKH ini yang dilakukan di alam terbuka sambil mengenalkan situs daerah khusus bagi para anggota PKH dan bagi masyarakat pada umumnya”.

Pertemuan kali ini membahas tentang Modul Kesejahteraan Sosial sesi Perlindungan terhadap Lansia. Para KPM terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan P2K2 ini, apalagi diselingi dengan kegiatan ice breaking dan senam lansia.

Di sesi terakhir Neneng Yuniar mensosialisasikan tentang perubahan sistem Bantuan Sosial (Bansos)  PKH di tahap 1 Tahun 2019 yang tidak lagi diberikan secara  flat tapi dihitung berdasarkan komponen yang ada di dalam keluarga tersebut. Pada kesempatan yang sama Neneng Yuniar memberikan penguatan motivasi kepada para anggota PKH untuk bisa meniatkan diri  keluar dari keanggotan PKH secara graduasi mandiri.

#PeksosSupervisorCiamis Neni Kurnilah