Selasa, 20 Agustus 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - Miliki Sertifikat Kompetensi, KPM PKH Linggapura Kian Berdaya

Miliki Sertifikat Kompetensi, KPM PKH Linggapura Kian Berdaya
Umum Rian Febriansyah, 18 Januari 2019 09:02 Wib 137 Lihat Komentar
Gambar

PPKH CIAMIS - Potensi KPM PKH Desa Linggapura dalam bidang keterampilan cukup banyak, namun keterampilan yang dimiliki belum mendapatkan pelatihan profesionl dan berserifikat, dari berbagai keterampilan yang dimiliki oleh KPM, Pendamping PKH melihat potensi keterampilan menjahit dijadikan fokus untuk diberikan kegiatan pelatihan dasar menjahit.

Dengan antusias yang bagus dari KPM PKH, Pendamping PKH Desa Linggapura Kecamatan Kawali, Esti Lia Ruchmayati berkoordinasi dengan pihak Desa Linggapura untuk berdiskusi mengenai penjalinan mitra dengan UPTD Kursus Latihan Kerja (KLK) Kabupaten Ciamis.

Setelah berkoordinasi dengan pihak Desa Linggapura yang memperoleh dukungan penuh dari pihak Desa, khususnya Kepala Desa Linggapura dan Kasi Pelayanan Desa Linggapura, Pendamping PKH menjalin mitra dengan UPTD KLK Kabupaten Ciamis untuk memfasilitasi pelatihan dasar menjahit untuk KPM PKH Desa Linggapura.

Dengan difasilitasi oleh UPTD KLK Kab. Ciamis, sebanyak 16 KPM PKH usia produktif maksimal 35 tahun mengikuti pelatihan menjahit dasar selama 20 hari di Aula Desa Linggapura. Selama kegiatan pelatihan tersebut, KPM PKH banyak dibekali berbagai dasar menjahit oleh tenaga profesional bersertifikat dalam bidang menjahit dari UPTD KLK Kab. Ciamis.

Pasca mengikuti pelatihan KPM PKH lantas difasilitasi untuk mengikuti ujian kompetensi menjahit dasar. Seluruh KPM berhasil lolos ujian kompetensi dan mendapatkan sertifikat dari Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Tenaga Kerja UPTD KURSUS LATIHAN KERJA dan 10 KPM PKH lolos mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi BBPLK Bandung.

Dengan mendapatkan sertifikat dari lembaga yang mempunyai keunggulan dalam bidang kompetensi keterampilan ini, maka KPM PKH Desa Linggapura semakin mendapatkan kesempatan yang bagus untuk berwirausaha dalam bidang jasa menjahit mulai dari konveksi skala kecil, menengah bahkan besar atau untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik lagi guna meningkatkan perekonomian keluarganya.

Ibu Nur Aida salah satu yang berwirausaha dalam bidang jasa menjahit sangat senang setelah mengikuti pelatihan, bahkan Ibu Nur Aida merasa tambah senang dan bangga telah mempunyai 2 sertifikat yang bisa dijadikan nilai tambah baginya untuk memperoleh pelanggan menjahit pakaian.

Dengan merintis usaha menjahit Ibu Nur Aida berharap bisa semakin maju lagi secara ekonomi dan bisa membantu suami dalam pemenuhan kebutuhan keluarga dan terlebih lagi bisa keluar dari garis kemiskinan.

Semoga kedepannya dengan potensi berbagai keterampilan yang dimiliki oleh KPM PKH Desa Linggapura bisa menggali lebih dalam lagi potensi-potensi yang ada, sehingga KPM PKH semakin bertambah pengetahuan dan keterampilan yang bisa dijadikan oleh KPM PKH untuk kehidupan yang lebih baik lagi.