Selasa, 20 Agustus 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - Mengenal Sejarah Hari Guru Nasional

Mengenal Sejarah Hari Guru Nasional
Pendidikan Arif Faizal 26 November 2018 20:50 Wib 114 Lihat Komentar
Gambar

Tanggal 25 November 2018 adalah hari bersejarah bagi dunia Pendidikan di Indonesia, pada tanggal tersebut masyarakat Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Tujuan memperingati Hari Guru Nasional ialah untuk memberi Penghargaan atas jasa para guru, sang Pahlawan tanpa tanda jasa.

Berdasarkan keputusan Presiden nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional. Selain ditetapkan menjadi Hari Guru Nasional, tanggal 25 November juga dijadikan sebagai hari lahirnya organisasai Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Ketika zaman Belanda pada tahun 1912 di dirikanlah sebuah ogranisasi yang dinamakan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini bersifat unitaristik yang anggotanya terdiri dari para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah. Dengan latar pendidikan yang berbeda-beda, mereka umumnya bertugas di sekolah desa dan sekolah rakyat angka dua.

Pada tahun 1932 nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Namun keberadaan PGI tidak bertahan lama karena pada zaman kependudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia itupun tidak dapat lagi melakukan aktivitasnya.

Setelah masa Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 digelarlah sebuah Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Melalui kongres ini segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, sepakat dihapuskan.

Mereka adalah guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan guru yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk. Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam kongres inilah pada tanggal 25 November 1945 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.


Sumber : https://id.wikipedia.org