Minggu, 19 Mei 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - Mengenal lebih dekat dengan Contact Center PKH

Mengenal lebih dekat dengan Contact Center PKH
Sosial Arif Faizal 28 Januari 2019 23:10 Wib 157 Lihat Komentar
Gambar

Apa itu Contact Center PKH ?... Contact Center PKH adalah sebuah unit kerja di Kementerian Sosial Republik Indonesia yang bertugas menangani pengaduan atau pertanyaan dari masyarakat, KPM PKH, SDM PKH maupun kantor dinas terkait PKH (Program Keluarga Harapan).

Diadakannya unit kerja ini karena seiring waktu PKH berjalan dari 2007 hingga saat ini, kebutuhan akan informasi mengenai PKH dirasakan semakin penting mengingat saat ini PKH sudah menjadi Program Prioritas Nasional.

Ada hal - hal yang belakangan ini semakin marak di media sosial terkait PKH, yaitu terkait perubahan skema bantuan sosial yang tadinya sama rata (flat) menjadi tidak sama rata (non flat). Hal ini terjadi dikarenakan beban masing-masing keluarga berbeda - beda sehingga jika dibuat flat, maka dirasakan sudah tidak sesuai lagi. Bukankah adil itu tidak berarti sama rata bagi rata? PKH berusaha memberikan keadilan secara proporsional.

Lalu muncul beberapa komentar dan beberapa tulisan yang mengatakan bahwa PKH itu tidak tepat sasaran. Hal itu dikarenakan para komentator dan penulis tersebut kurang begitu memahami alur dan mekanisme pendataan yang ada di PKH.

Yang jelas, di dalam PKH itu kepesertaannya tidaklah permanen. Setiap saat dengan prosedur yang ada di dalam PKH, data - data KPM PKH (Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan) itu di mutakhirkan oleh Pendamping PKH.

Bagi KPM yang sudah mengalami kemajuan dalam kehidupan sosial ekonominya maka KPM PKH tersebut bisa di Exit / Non Eligibel (Dikeluarkan dari Kepesertaan PKH). Proses ini tentu melalui Musyawarah Desa / Musyawarah Kelurahan dan tentunya itu atas sepengetahuan KPM PKH tersebut.

Lalu bagaimana jika masyarakat masih melihat adanya penyimpangan yang terjadi di dalam PKH? Semisal ada KPM PKH yang ternyata kondisi sosial ekonominya sudah maju namun masih tercatat sebagai peserta PKH?

Mudah saja, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat terkait hal itu, di antaranya adalah :
 
1. Masyarakat tinggal menyampaikan ke Pendamping PKH terkait temuannya itu. Sampaikan dengan jelas nama dan alamat KPM PKH yang dimaksud untuk dilakukan pemutakhiran data.

2. Masyarakat bisa menghubungi PPKH Kabupaten / Kota atau Dinas Sosial setempat untuk melakukan pengaduan.

3. Masyarakat bisa menghubungi Contact Center PKH di nomor 1500-299 atau melalui email di alamat email berikut ini : pengaduan@pkh.kemsos.go.id

Di sinilah peran aktif masyarakat diperlukan yaitu melakukan kontrol sosial supaya program ini bisa tepat sasaran. Jika memang memiliki data dan bukti atas apa yang dilaporkan, mengapa harus takut membuat pengaduan?

Mari kita dukung program ini demi tercapainya masyarakat Indonesia sejahtera dan bisa segara terbebas dari rantai kemiskinan karena kepedulian anda akan menolong banyak orang.


Sumber : Guruh Andrianto