Selasa, 22 Oktober 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - Mendulang Rupiah dari Sampah

Mendulang Rupiah dari Sampah
Sosial Rian Febriansyah, 17 Januari 2019 13:37 Wib 242 Lihat Komentar
Gambar

PPKH CIAMIS - Kelompok KPM PKH Sindangjaya Desa Ciakar Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis menggagas pembentukan bank sampah untuk meningkatan kesejahteraan keluarga, gagasan tersebut digawangi oleh ketua kelompok, yakni Ibu Uju yang melihat potensi sampah rumah tangga dilingkungannya, ia bersama anggota kelompoknya yang berjumlah 31 KPM mengadakan diskusi setelah mengikuti pelaksanaan P2K2 bersama Pendamping PKH, kemudian bersepakat untuk mengumpulkan sampah-sampah rumah tangga untuk disetorkan ke Bank Sampah.

Hasil dari perhitungan sampah-sampah yang dikumpulkan ini akan dicatat dalam pembukuan keuangan masing-masing anggotanya. Tentu sampah-sampah tersebut dipilah dalam beberapa kelompok :
1. Organik
2. Anorganik

Sampai saat ini yang dilakukan adalah pemanfaatan sampah anorganik seperti sampah plastik, alumunium, kaleng, bekas botol plastik dan plastik minuman gelas. Di gudangnya sudah menumpuk sampah hasil setoran para anggotanya yang akan dijual ke pengepul besar. Ada beberapa cara pembayaran yang diberlakukan, diantaranya :
1. Pembayaran dengan uang cash yang dicatat dalam buku tabungan.
2. Pembayaran dengan memesan barang baru seperti keperluan rumah tangga, sekolah anak, bahkan keperluan bahan makanan.

Pendamping PKH Desa Ciakar, Rijki Nuraziz Djayapermana menuturkan ia senang sekali mendampingi kelompok-kelompok yang memiliki gagasan positif, tak jarang ia harus memberikan perhatian lebih kepada kelompok seperti ini.

Ada pula beberapa kelompok lain yang sedang ia dorong untuk membuka peluang pada pontensi lainnya sesuai dengan kondisi yang ada dilingkungan masing-masing kelompoknya. Semoga yang lainnya juga akan segera menyusul, ini semua untuk mendorong upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, dan mewujudkan Indonesia hebat...!!!