Selasa, 22 Oktober 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - LEMBUR BERSEKA, KPM PKH Jadi Satgas Kebersihan

LEMBUR BERSEKA, KPM PKH Jadi Satgas Kebersihan
Kesehatan Rian Febriansyah, 15 Januari 2019 10:35 Wib 225 Lihat Komentar
Gambar

PPKH CIAMIS - Puskesmas Kecamatan Jatinagara menggelar kegiatan Sosialisasi Lembur Berseka dan Pembentukan Open Defecation Free (ODF) di Dusun Mekarsari Desa Mulyasari Kec. Jatinagara pada Selasa (15/01/2019). ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

Pada rangkaian kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Kecamatan Jatinagara dan Instansi-instansi yang ada di Kecamatan Jatinagara, terdapat pula pameran hasil sayur-sayuran dan pemanfaatan lahan atau pekarangan rumah yang sebagian diisi oleh KPM PKH.

Menurut Koordinator PKH Kecamatan Jatinagara, Dana Setiawan, KPM PKH diharapakan membantu mensosialisasikan lembur berseka dan bebas ODF ke masyarakat lainnya, khususnya sesama KPM di Desa Mulyasari dan mudah-mudahan Ibu-ibu KPM dapat menjadi Satgas Lembur Berseka.

"Lembur Berseka" atau dalam bahasa Indonesia diartikan "Kampung Bersih" sangat selaras dengan materi P2K2 Modul Kesehatan sesi 10 : Higinitas, Sanitasi dan Penyakit yang rutin disampaikan Pendamping kepada KPM PKH pada kegiatan P2K2 setiap bulannya, sehingga KPM PKH dapat lebih mudah mempraktekan dan mensosialisasikan gerakan tersebut.