Selasa, 22 Oktober 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - KPM PKH Tambaksari Siap Supply Kebutuhan Piring Lidi

KPM PKH Tambaksari Siap Supply Kebutuhan Piring Lidi
Umum Arif Faizal 22 Januari 2019 10:43 Wib 164 Lihat Komentar
Gambar

PPKH Ciamis - KPM PKH Kecamatan Tambaksari memiliki kegiatan yang bernilai ekonomis yakni menganyam piring lidi, KPM binaan dari Pendamping PKH, Wendry Galih Bahtiar dan Tuti Tresnawati ini, mengisi waktu luangnya sesudah mengikuti P2K2 dengan membuat kerajinan alas makanan yang terbuat dari lidi.

- Apa piring lidi itu?...
Mari kita mengenal lebih dalam tentang pembuatan piring lidi. Ada dua (2) jenis bahan pada pembuatan piring lidi ini yaitu, lidi kelapa dan lidi aren yang digunakan sebagai bahan. Piring lidi yang dibuat oleh KPM PKH ini menggunakan lidi kelapa sebagai bahan pembuatan piring lidi.

- Apakah semua lidi kelapa bisa dijadikan bahan pembuatan piring?...
Tidak semua jenis lidi kelapa bisa digunakan sebagai bahan pembuatan piring lidi, harus ada pemilihan khusus untuk memilah bahan lidi kelapanya. Bahan lidi kelapa yang baik biasanya lebih lentur dan tidak mudah patah walaupun sudah setengah kering. Lidi yang berkualitas biasanya berwarna putih bersih namun memang sangat jarang ditemukan karena dominan akan menjadi cokelat tua ketika sudah kering.

Ada berbagai macam ukuran piring lidi yang dibuat oleh KPM PKH ini dimulai dari ukuran 20 cm, biasanya dengan ukuran seperti ini piring lidi bisa digunakan untuk tempat makan nasi saja dan untuk ukuran 24 - 25 cm, bisa digunakan untuk tempat makan nasi dan lauknya.

Hasil dari pembuatan piring lidi ini biasanya akan di jual ke pemesan. Jika anda berminat untuk membeli produk piring lidi ini anda bisa datang langsung pembuatnya atau melalui pendamping sosial PKH kecamtan tambaksari yang nantinya akan memfasilitasi pembeli ke penjualnya langsung..