Kamis, 20 Juni 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - Edukasi Non Tunai dan Gerakan Menabung Bagi Keluarga Penerima Manfaat PKH

Edukasi Non Tunai dan Gerakan Menabung Bagi Keluarga Penerima Manfaat PKH
Pendidikan Arif Faizal 05 November 2018 18:07 Wib 153 Lihat Komentar
Gambar

Ciamis, 3 November 2018. Waktu menunjukkan pukul 13.00 wib ibu-ibu Ketua Kelompok Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berbodong-bondong pergi ke aula Kecamatan Kawali untuk mengikuti suatu acara tentang "Sosialisasi Program Keluarga Harapan". Walaupun dalam undangannya dilaksanakan pukul 14.00 wib, namun semangat ibu-ibu KPM tersebut terlihat sangat besar untuk mengikuti acara sosialisasi kali ini. Acara tersebut akan dihadiri oleh para ketua kelompok sekecamatan Kawali sebanyak  54 orang, 4 orang pendamping, 2 orang Peksos Supervisor dan Koordinator Kabupaten, bapak Indra Maulana.

Materi pokok acara sosialisasi kali ini tentang Kebijakan Perubahan Skala Nilai Bantuan Sosial serta Edukasi Non Tunai dan Gerakan Menabung. Acara tersebut dibuka dengan menyanyikan lagu Mars PKH yang dipimpin oleh pendamping Hj. Esti Lia Ruchmayati, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi oleh bapak Indra Maulana selaku Koordinator Kabupaten di wilayah tersebut.
Seperti yang dituturkan oleh beliau (Indra Maulana) :
"Dalam rangka mengoptimalkan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Modul Ekonomi, maka PPKH Kabupaten Ciamis melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang Kebijakan Perubahan Skala Nilai Bantuan Sosial serta Edukasi Non Tunai dan Gerakan Menabung bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

Diharapkan para KPM PKH akan lebih mementingkan kebutuhan daripada keinginan, cermat dalam meminjam dan menabung, memulai menabung untuk masa depan serta berkeinginan untuk memulai usaha."

Meminjam banyak dilakukan oleh beberapa keluarga KPM untuk menutupi pengeluaran yang lebih besar dari pada pendapatan. Tetapi sayangnya seringkali pertimbangannya tidak matang sehingga rentan terperangkap pada masalah utang piutang, sehingga perlu untuk membiasakan menabung guna memenuhi kebutuhan yang tidak terduga serta perencanaan di masa depan.

Neni Kurnilah Peksos Supervisor