Kamis, 20 Juni 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - Camat Panawangan Meresmikan Kube PKH Bantuan Kemensos

Camat Panawangan Meresmikan Kube PKH Bantuan Kemensos
Sosial Arif Faizal 11 Januari 2019 15:46 Wib 155 Lihat Komentar
Gambar

PPKH CIAMIS - Potensi lahan pertanian di wilayah Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis menjadi peluang bagi masyarakat mengembangkan sektor usaha peternakan seperti yang dilakukan oleh warga di Desa Sadapaingan yang dimanfaatkan sebagai pakan ternak jenis domba dan sapi. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat Desa Sadapaingan adalah petani dan buruh.

Pada akhir tahun 2018 Kecamatan Panawangan telah mendapatkan bantuan dari Kementrian Sosial untuk 10 Kelompok Usaha Bersama (KUBE PKH) sebesar Rp. 20.000.000 / KUBE, adapun jenis usahanya di Kecamatan Panawangan meliputi 2 KUBE Warung dan 8 KUBE Ternak Domba.

Pada hari Kamis tanggal 10 Januari 2019 yang bertempat di Aula Balai Sawala Dusun Bojong Sari Desa Sadapaingan Camat Panawangan (Ono Rohana) meresmikan KUBE PKH Ternak Sari Unggul. Diungkapkan Camat Panawangan Ono Rohana saat peresmian KUBE.
“Kita harus bisa mengembalikan kejayaan Kecamatan panawangan yang pernah menjadi penghasil ternak domba, dan kita bisa menjadi sentra penghasil domba kalau bisa harus ada pasar domba” jelasnya.
Sementara itu menurut Koordinator PKH Kabupaten Ciamis Indra Maulana, S.IP, MM.
“Bantuan ternak domba ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah kepada masyarakat yang dipandang belum mampu, bantuan stimulan berupa modal usaha untuk merangsang serta meningkatkan usaha masyarakat dari pemerintah melalui dinas Sosial ke kelompok usaha bersama milik KPM PKH” jelasnya.

Usaha peternakan di Kecamtana Panawangan dikembangkan dengan sistem kelompok yang akhirnya mendapat respon positif dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia untuk membantu masyarakat ekonomi kecil yang memiliki keinginan usaha meski terbentur modal.

Menurut penuturan Pendamping KUBE PKH Panawangan Tating Susila, S.Pd. kepedulian pemerintah melalui Kemensos terhadap masyarakat ekonomi kecil diantaranya dengan memberikan bantuan bergulir berupa ternak yang dikelola oleh beberapa kelompok usaha bersama (Kube).
“Istilah di Kecamatan kami bantuan ternak tersebut disebut sistem bagi hasil dimana anaknya nanti dikembangbiakan lagi untuk anggota lain sehingga bantuan bisa bergulir dan setiap anggota kelompok bisa memiliki ternak domba” ungkap Pendamping KUBE PKH Panawangan Tating Susila, S.Pd.

Tujuan KUBE secara khusus diantaranya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota KUBE melalui ternak domba. Memanfaatkan lahan tidur berupa tegalan serta memanfaatkan pupuk kandang dan urin domba yang bisa dimanfaatkan para petani sebagai pupuk organik. Selain itu KUBE dibentuk untuk pengembangan unit usaha Agribisnis Budidaya ternak domba sekaligus menciptakan lapangan kerja.

Salah satu penerima bantuan, Ikah (40) mengaku sangat terbantu dengan adanya program bantuan ternak jenis domba yang disalurkan melalui kelompok usaha bersama karena memberi permodalan usaha dalam bentuk ternak. Selama ini dirinya mengaku belum sanggup membeli domba dan dipelihara sebagai investasi jangka panjang untuk kebutuhan mendadak.
“Kami merespon positif diantaranya dengan wirausaha peternakan karena akan menciptakan lapangan pekerjaan dan memanfaatkan lahan pertanian yang ada di desa ini” terang Ikah.
Saat ini Ikah yang menjadi ketua kelompok “KUBE Sari Unggul” sudah memelihara domba dari bantuan modal yang diberikan. Pemanfaatan sistem KUBE tersebut cukup meringankan dengan beberapa pertimbangan diantaranya modal  lahan sangat cukup sekali, modal sumber makanan ternak domba tidak akan kekurangan, meskipun untuk modal finansial membeli domba sudah dibantu oleh Kemensos berupa bibit ternak. Setiap kelompok pemelihara domba tersebut merupakan salah satu jenis usaha yang digunakan untuk memberdayakan masyarakat.
“Sebetulnya usaha ternak domba tersebut hanya salah satu bentuk usaha karena ada kelompok usaha bersama yang dalam bentuk warung namun saya cukup terbantu dengan usaha ternak domba” ungkap Ikah.

Instagram : Tating Susila