Kamis, 20 Juni 2019

PPKH CIAMIS

Pelaksana Program Keluarga Harapan

Detail Berita - 76 Pendamping Sosial PKH Ciamis Ikuti Diklat E Learning P2K2

76 Pendamping Sosial PKH Ciamis Ikuti Diklat E Learning P2K2
P2K2 Rian Febriansyah, 16 Januari 2019 12:01 Wib 500 Lihat Komentar
Gambar

PPKH CIAMIS - Sebanyak 76 orang Pendamping PKH Kabupaten Ciamis mulai hari ini mengikuti Diklat Pertemuan Peningkatkan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial II Bandung (BBPPKS) Kementerian Sosial RI. Kegiatan diklat E-Learning ini dilaksanakan selama 30 hari dengan dibagi 2 pola, 15 hari pola Daring (dalam jaringan) dan 15 hari pola Luring (tatap muka).

Dalam diklat ini disajikan beberapa modul diantaranya Modul Pendidikan dan Pengasuhan Anak, Modul Ekonomi, Modul Kesehatan dan Gizi, Modul Perlindungan Anak, Modul Kesejahteraan Sosial (Sesi Pelayanan Penyandang Disabilitas dan Peningkatan Kesejahteraan Lanjut Usia).

Diklat P2K2 ini sebagai proses belajar terstruktur untuk memperkuat terjadinya perubahan perilaku pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang bertujuan :
  1. Meningkatkan pengetahuan praktis mengenai kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, ekonomi, dan perlindungan anak.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman keluarga PKH mengenai kondisi,kebutuhan dan perawatan yang dibutuhkan lansia dan orang dengan disabilitas berat
  3. Membangun kesadaran peserta PKH terhadap pentingnya pemenuhan kewajiban dalam bidang kesehatan dan pendidikan dalam PKH
  4. Menjaga dan memperkuat perubahan perilaku positif terkait pendidikan dan pengasuhan, kesehatan, ekonomi dan perlindungan anak.
  5. Menjaga dan memperkuat perubahan perilaku positif terkait perawatan dan pemeliharaan terhadap lansia dan orang dengan disabilitas berat
  6. Meningkatkan ketrampilan orang tua dalam bidang pendidikan dan pengasuhan anak, kesehatan, ekonomi dan perlindungan anak
  7. Meningkatkan kemampuan peserta untuk mengenali potensi yang ada pada diri dan lingkungannya agar dapat digunakan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat
Sri Pitriani sebagai salah satu peserta diklat daring dari Kecamatan Cipaku menyebutkan sangat senang dan berbangga ikut serta dalam diklat ini, sehingga dalam mendampingi KPM semakin percaya diri dan lebih menguasai materi-materi yang berkaitan dengan kegiatan P2K2. Saya pun mengucapkan terima kasih kepada Balai Diklat yang telah menjadikan saya sebagai salah satu peserta diklat kali ini.

Neni Kurnilah SPV PKH Kec Cipaku menyebutkan, kegiatan monitoring ini untuk memastikan seluruh peserta dapat melaksanakan daring serta untuk dapat menyelesaikan permasalahan ketika ada hambatan dalam pelaksanaannya.

Indra Maulana selaku Korkab PKH, juga menyebutkan bahwa kegiatan daring ini merupakan tuntutan program agar para pendamping semakin mantap dalam mendampingi dan memberikan pengetahuan dan wawasan kepada KPM binaannya masing-masing agar terjadi perubahan perilaku menjadi lebih baik.

Harapan kami dengan para Pendamping PKH Kabupaten Ciamis mengikuti kegiatan Diklat P2K2 ini diharapkan lebih menguasai lagi materi-materi dalam modul sebagaimana disebutkan diatas yang nantinya akan ditularkan kembali kepada para KPM PKH sesuai dengan dampingannya masing-masing sesuai target kelompok dan untuk mencapai tujuan seperti disebutkan diatas.

Saya melihat ikhtiar ini sebagai perwujudan tanggungjawab pemerintah dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan memutus rantai kemiskinan antar generasi, melalui pembekalan ilmu pengetahuan untuk bekal keluarga dalam menjalani kehidupan sehingga kedepan terjadi perubahan perilaku menjadi lebihi baik.

Dalam implementasi pelaksanaannya, kegiatan P2K2 ini akan dilaksanakan secara rutin oleh para Pendamping PKH ke Kelompok-kelompok KPM sesuai dengan wilayah dampingannya masing-masing, dengan di pantau oleh Koordinator PKH Kabupaten dan Pekerja Sosial Supervisor.